• ASLAN

Senang Kuliah Malaysia

Updated: Oct 5



Hampir semua orang menginginkan kuliah di negara yang stabil, aman, ramah dan tentunya memiliki biaya yang cukup terjangkau. Malaysia menjadi pilihan negara yang sangat sempurna untuk semua kombinasi tersebut. Di luar itu, negara yang satu ini menawarkan prosedur imigrasi yang relatif sederhana dibandingkan dengan negara lainnya, terutama untuk pelajar internasional yang ingin kuliah di Malaysia.

Tidak sulit rasanya mencari universitas terbaik di Malaysia, karena negara ini memang memiliki sederet universitas terkemuka dengan peringkat dunia yang cukup baik. Menjadi pelajar internasional di Malaysia juga membuat kamu memiliki pergaulan yang cukup luas, mengingat negara ini memiliki sejumlah kelompok ras etnis, seperti China, India dan beragam kelompok etnis lainnya.


Kuliah di Malaysia


Negara tetangga Indonesia ini memiliki pengalaman dalam bidang pendidikan internasional selama lebih dari 30 tahun. Struktur pendidikan di negara ini memberikan kesempatan untuk para mahasiswa agar bisa mengejar gelar internasional dengan biaya yang cukup ramah di kantong.

Bahkan, Setiap mahasiswa bisa memilih kualifikasi akademis, baik dari Inggris, Amerika Serikat, Australia, dan negara lainnya di berbagai institusi pendidikan Malaysia. Tepat 10 tahun yang lalu, tepatnya pada 2010, Malaysia tercatat memiliki lebih dari 80,000 mahasiswa internasional dari negara berbeda yang melanjutkan studi mereka di negara ini.

Banyak sekolah-sekolah tinggi di Malaysia memiliki program kolaborasi dengan berbagai Universiti di Inggris, Amerika, Australia dan lainnya. Program kolaborasi ini memungkinkan para mahasiswa untuk menyelesaikan program gelar luar negeri dengan kuliah di Malaysia.


Mengapa Kuliah di Malaysia?


Ada berbagai alasan mengapa banyak pelajar internasional memilih untuk kuliah di Malaysia. Selain karena biaya yang cukup terjangkau, kuliah di Malaysia juga membuatmu memiliki pengalaman berkuliah yang luar biasa.

Selain berkuliah di universitas ternama Malaysia, kamu juga punya kesempatan untuk merasakan kuliah di kampus-kampus ternama dari negara lainnya. Sebab, ada banyak universitas yang berasal dari negara lain mendirikan kampus cabang di Malaysia, sebut saja kampus-kampus dari Australia dan Inggris. Jika memilih kampus-kampus tersebut, kamu bisa mendapatkan pendidikan dan gelar dari kampus yang dituju, walaupun kamu kuliah di Malaysia. Sebuah pilihan yang menguntungkan dan menghemat biaya, bukan?

Soal bahasa, sepertinya bukan masalah besar bagi para pelajar dari Indonesia. Sebab, bahasa pengantar yang digunakan, adalah bahasa Inggris. Merasa bahasa Inggrismu belum memadai? Kamu tak perlu khawatir karena negara ini memiliki lingkungan yang bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu. Belum lagi, bahasa melayu yang terkadang digunakan tidak terlalu berbeda dengan bahasa Indonesia.


Keuntungan Kuliah di Malaysia


Malaysia adalah negara tetangga yang cukup modern dan memiliki sederet universitas ternama. Dengan kuliah di Malaysia, kamu bisa mendapatkan banyak benefit. Selain jarak yang cukup dekat, kamu juga bisa memilih universitas bertaraf internasional di negara ini. Bukan hanya itu, ada beberapa benefit lainnya yang bisa kamu dapatkan dengan kuliah di Malaysia.


  • Kualitas Pendidikan yang Dijamin oleh Legislasi

Kamu perlu tahu bahwa standar dan kualitas pendidikan di Malaysia selalu dipantau dan diatur oleh Malaysian Qualifications Agency Act 2007 dan Private Higher Education Institutions Act 1996. Hal ini membuat kualitas pendidikan di Malaysia selalu terjaga dan stabil. Bahkan, beberapa universitas yang berasal dari Inggris, Amerika, Australia, Selandia Baru dan negara lainnya bersedia bekerjasama dengan institusi pendidikan di Malaysia. Hal ini menjadi bukti bahwa kualitas pendidikan di negara ini telah diakui secara internasional.



MulticulturalProses Imigrasi yang Lebih Mudah


Agar bisa kuliah di Malaysia, syarat imigrasi yang harus diurus tidaklah terlalu sulit dibandingkan dengan negara lainnya. Malaysia memberikan kemudahan bagi para pelajar dalam urusan imigrasi. Proses yang tidak berbelit dan lebih cepat membuat negara ini dituju oleh banyak pelajar internasional.

  • Kurikulum Standar Industri

Banyaknya insitusi pendidikan Malaysia yang bekerjasama dengan industri dan universitas luar negeri dilakukan untuk menjamin program yang ditawarkan mengadopsi kurikulum terbaru dan relevan dengan perkembangan industri kerja. Berbagai program yang ditawarkan mengajarkan keahlian praktikal yang dibutuhkan di dunia kerja. Jadi, kamu tak hanya belajar teori, namun juga praktik yang akan dibutuhkan di dunia kerja sesungguhnya. Tujuannya, apa lagi jika bukan menghasilkan lulusan-lulusan terbaik dan siap kerja di berbagai bidang industri.

  • Negara Multikultural

Malaysia menjadi negara yang sangat beragam, memiliki penduduk yang berasal dari berbagai etnis membuat negara ini memiliki kebudayaan yang beragam. Karena hal tersebut, Malaysia tidak kesulitan untuk menerima orang baru, selama orang tersebut memiliki perilaku yang baik dan tidak menimbulkan masalah. Kamu akan sangat diterima di negara ini, terutama jika kamu pelajar dari Indonesia.



  • Ragam Kuliner dan Wisata

Selain menjadi tujuan pendidikan, Malaysia menjadi surga kuliner dan wisata. Makanan di negara ini sangat beragam, mulai dari Chinese Food, Indian Food, hingga makanan khas suku yang tinggal di sana. Kamu juga bisa menikmati destinasi wisata, baik di kota besar atau daerah kecil di Malaysia. Semua makanan dan destinasi wisata yang ingin kamu coba ada di negara ini.


Persyaratan Kuliah di Malaysia

Untuk mendaftarkan diri di salah satu universitas Malaysia, kamu perlu mengetahui berbagai persyaratan yang berlaku. Meski masing-masing universitas menetapkan syarat kuliah yang berbeda, namun ada beberapa persyaratan umum yang harus kamu penuhi.

Untuk pendidikan program Sarjana, beberapa syarat yang kamu butuhkan adalah:

  • Ijazah SMA dengan nilai rata-rata 7-9

  • Ijazah D3 dengan IPK minimal 2.5

  • Nilai minimum IELTS 4-6.5

  • Nilai minimum TOEFL 450-550

  • Lulusan program Foundation/GCE/O Level/IB

Sedangkan, untuk gelar Master, kamu membutuhkan:

  • Ijazah S1

  • Nilai minimum IELTS: 6.0

  • Nilai minimum TOEFL: 550

  • Bukti surat pengalaman kerja, karya ilmiah dan jurnal ilmiah

Daftar Kuliah di Malaysia

Formulir pendaftaran untuk kuliah di Malaysia bisa kamu unduh di situs resmi universitas yang dituju. Di sana, kamu harus melengkapi berbagai dokumen yang dibutuhkan dan kirimkan secara langsung ke universitas tersebut, atau submit di situs resmi mereka. Pendaftaranini perlu diselesaikan dua bulan sebelum kuliah dimulai.

Jika pendaftaran kamu diterima, maka pihak universitas akan mengeluarkan Offer of Place dan informasi lainnya, seperti tanggal kuliah, tagihan biaya kuliah, biaya lainnya dan akomodasi.

Jika kamu menerima Offer of Place tersebut, kamu harus melunasi semua biaya-biaya yang diperlukan. Begitu pembayaran telah diterima, maka pihak universitas akan mengirimkan bukti pembayaran dan proses pendaftaran kamu telah berhasil.


Tempat Wisata di Malaysia


Saat senggang dan tidak ada jadwal kuliah, kamu bisa menikmati berbagai destinasi wisata popular di Malaysia. Akan sangat disayangkan jika kamu tidak menikmati keindahan alam dan kota di negara ini. Bingung mau ke mana saat libur kuliah? Berikut beberapa tujuan destinasi wisata yang bisa dikunjungi.

  • Bukit Bintang

Kawasan ini cukup terkenal sebagai tempat wisata belanja. Ada banyak mall dan pusat belanja yang ada di tempat ini. Kamu bisa berbelanja berbagai pakaian, mainan bahkan hingga peralatan elektronik di sini.

  • Menara Petronas

Gedung setingga 88 lantai ini menjadi Menara kebanggan di Malaysia, tepatnya di Kuala Lumpur. Saat berkunjung ke tempat ini, jangan lupa untuk mengunjungi jembatan udara atau skybridge yang terkenal.

  • Putrajaya

Sebagai pusat administrasi terbaru, menggantikan Kuala Lumpur, ada banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi. Kamu bisa mengunjungi Dataran Kemerdekaan Putrajaya, Heritage Square, Jembatan Sqare dan masih banyak lagi.

  • Genting Highlands

Di sini, kamu bisa berwisata dengan menaiki kereta gantung atau Genting Skyway dan menginap di penginapan-penginapan yang telah disediakan. Suasana tenang dan sejuk membuat tempat ini sangat ideal untuk kamu yang ingin bersantai.


Transportasi di Malaysia



Malaysia dianggap sebagai salah satu negara dengan sistem transportasi terbaik di Asia Tenggara. Beberapa transportasi yang bisa kamu gunakan di negara ini, di antaranya adalah kereta komuter, Light Rail Transit (LRT), monorel, KLIA Express (untuk layanan bandara), KLIA Transit (untuk layanan bandara) dan bus rapid KL.

Bagi kamu yang memilih untuk menggunakan transportasi pribadi, kamu tetap bisa menggunakan sepeda atau mobil pribadi. Namun, perlu diketahui bahwa Malaysia adalah negara dengan mobilitas yang tinggi dan cukup padat pada jam kerja.




Setelah berhasil mendapatkan Visa Pelajar, maka kamu sudah mendapatkan ijin untuk kuliah di Malaysia.


Cara Pembayaran Visa